Senin, 19 Desember 2011

Irak Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Bagi Wakil Presiden

Baghdad (ANTARA/Reuters/AFP) - Irak mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Wakil Presiden Tareq al-Hashemi, kata seorang pejabat keamanan senior, Senin, setelah pemerintah memperoleh pengakuan yang mengaitkannya dengan kegiatan teroris. 


Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak Mayor Jendral Adel Daham mengatakan pada jumpa pers, pengakuan para tersangka yang diidentifikasi sebagai pengawal Hashemi mengaitkan wakil presiden tersebut dengan pembunuhan-pembunuhan dan serangan.
Surat perintah penangkapan itu ditandatangani oleh lima hakim, kata Daham. 
Seorang pejabat pengadilan yang tidak bersedia disebutkan namanya mengkonfirmasi penerbitan surat perintah penangkapan itu. Komite lima hakim sebelumnya melarang Hashemi meninggalkan Irak. 
Berita mengenai surat penangkapan itu tersiar ketika televisi pemerintah Al-Iraqiya menayangkan gambar yang menunjukkan pengawal-pengawal Hashemi yang mengakui merencanakan dan melancarkan serangan-serangan teror dan menerima dana dan dukungan dari wakil presiden itu. 
Sedikitnya 13 pengawal Hashemi, seorang Sunni, ditangkap dalam beberapa pekan terakhir, namun tidak jelas berapa orang yang kini ditahan. 
Presiden wilayah otonomi Kurdi Irak Massud Barzani sebelumnya menyerukan perundingan darurat untuk mencegah runtuhnya pemerintah persatuan nasional, dengan memperingatkan bahwa "keadaan sedang mengarah ke krisis yang dalam". 
Kantor Hashemi pada Senin mengeluhkan gangguan keamanan yang disengaja seperti blokade terhadap rumahnya selama beberapa pekan, serta kejadian-kejadian lain. 
Perkembangan terakhir itu terjadi setelah blok Iraqiya kubu Hashemi dan Deputi Perdana Menteri Saleh al-Mutlak menyatakan Sabtu bahwa mereka memboikot parlemen untuk memprotes monopoli kekuasaan oleh Perdana Menteri Nuri al-Maliki. 
Minggu, Maliki mendesak Mutlak dipecat dan anggota-anggota parlemen akan mempertimbangkan permintaannya itu pada 3 Januari, kata seorang pejabat parlemen.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2013 © S.A.DI.S ( Semua Ada Di Sini )