Jumat, 30 Desember 2011

4 TYPE KECERDASAN MANUSIA


          Pada dasarnya manusia terlahir telah memiliki kecerdasan bawaan, yang sesungguhnya membuat manusia di sebut sebagai mahluk paling sempurna dari mahluk hidup lainnya. Manusia telah hidup sebagai manusia yang dapat berkembang dengan sangat -sangat cepat', dapat menyelesaikan masalah yang di hadapi oleh tiap induvidu  dan bahkan manusia dapat menciptakan sesuatu. pada umum-nya manusia memiliki 4 type yaitu kecerdasan Intelektual, kecerdasan Emosional, kecerdasan fisik, dan terakhir kecerdasan spiritual.



nahh gan... untuk mengerti lebih dalam tentang kecerdasan yang 4 itu maka saya akan jelaskan lebih detail mengenai 4 Type Kecerdasan Manusia.  Ok" siippp...

1.Kecerdasan Intelektual (Inteligence quotient atau IQ)
      Kecerdasan Intelektual adalah kemampuan nalar, atau pada umumnya di sebut kemampuan otak Kiri. Yaitu kemampuan kita untuk memahami, mengetahui, menentukan sebab akibat, menganalisis, berbahasa dan bahkan memvisualisasikan sesuatu.

2.Kecerdasan Emosional (Emotional quotient atau EQ)
      Kecerdasan Emosional adalah kecerdasan yang mengacu pada pengendalian diri,kesadaran diri, kepekaan sosial, empati dan kemampuan berkomunikasi secara benar/ baik dengan orang lain. Kecersan Emosional adalah kepekaan mengenai waktu yang tepat, kepatutan secara sosial, dan keberanian untuk mengakui kelemahan, menyatakan dan menghormati perbedaan. Emotional quotient di gambarkan sebagai kemampuan otak Kanan dan di anggap lebih kreatif, tempat intuisi, pengindraan, dan bersifat holistik atau menyeluruh.

Penggabungan antara otak Kiri (pemikiran) dan otak Kanan (perasan) akan menciptakan keseimbangan, penilaian dan kebijaksanaan yang lebih baik. Dalam jangka panjang Kecerdasan Emosional akan menjadi penentu keberhasilan dalam berkomunikasi, relasi dan dalam kepemimpinan di bandingkan dengan kecerdasan Intelektual (nalar).

Bagi seseorang yang memiliki IQ tinggi tetapi memiliki kecedaan emosionalnya (EQ) rendah maka' dia tidak tahu menbangun hubungan dengan orang lain maka orang tersebut akan bersandar pada kemampuan pada kemampuan Intelektualnya dan akan mengandalakan posisi formalnya.

3.Kecerdasan Fisik (Physical quotient atau PQ)
        Kecerdasan Fisik adalah kecedasan yang mengacu pada pisik kita atau kecerdasan yang di miliki tubuh kita. Kebanyakan dari kita sering tidak memperhitungkan nya. Coba deh renungkan : tanpa adanya perintah dari tubuh kita menjalankan pernafasan, sistem peredaran darah, sistem syarat dan sistem-sistem vital lain-nya.
       Tubuh kita secra terus menerus memantau lingkunagan, menghancurkan sel-sel pembawa penyakit, mengganti sel yang rusak dan melawan unsur-unsur yang mengganggu kelangsungan hidup. seluruh peroses itu berjalan di luar kesadaran kita dan berlangsung setiap saat dalam hidup kita.

4.Kecerdasaan Spiritual (Spiritual quotient atau SQ)
        Sebagai mana Kecerdasan Emosi, kecerdasaan Kecerdasaan Spiritual juga merupakan arus utama kajian dan diskusi folosofis dan psikologis. kecerdasan spiritual merupakan pusat dan paling mendasar dari kecerdasaan lainnya, karena dia menjadi sumber bimbingan atau pengarahan bagi tiga kecerdasaan lainnya. Kecerdasaan Spiritual mewakili kita pada kerinduan akan makana dan hubungan dengan yang tak terbatas.

        Kecersaaan Spiritual juga membantu kita untuk mencerna dan memahami perinsip-perinsip sejati yang juga merupakan bagian dari nurani kita, yang dapat di lambangkan sebagai kompas. kompas merupakan gambaran fisik yang bagus sekali bagi perinsip, karena dia selalu menunjuk kearah utara.
 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2013 © S.A.DI.S ( Semua Ada Di Sini )