Kamis, 14 Maret 2013

Menghebohkan batu bergambar naga dikeramatkan

Arkeolog Teliti Batu Bergambar Naga yang Dikeramatkan Warga di Kuningan


Di Kuningan, Jawa Barat ada batu bergambar naga. Batu itu terletak di perbukitan di kawasan Dusun Banjaran, Desa Jabranti. Batu itu selama ini dikeramatkan warga. Bahkan kerap ada yang menaruh sesajen dan meminta berkah.
"Keberadaan batu tersebut telah lama diketahui masyarakat dan sebagian menggunakannya sebagai tempat mencari wangsit atau petunjuk gaib. Namun demikian, penelitian arkeologi belum pernah dilakukan pada batu tersebut," kata Arkeolog Ali Akbar saat berbincang, Kamis (14/3/2013).
Penelitian batu itu dilakukan Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI) bekerjasama dengan Pemkab Kuningan. Batu itu persisnya berada di puncak Gunung Tilu yang menjadi perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.
"Peneliti harus berjalan kaki selama 3 jam menembus hutan lebat untuk mencapai puncak. Medan perjalanan cukup berat karena harus menanjak dan tidak ada jalur pendakian. Menjelang sampai ke puncak gunung, terlihat batu-batu besar berserakan," jelasnya.
Yang cukup menarik, batu-batu di sekitar area kawasan itu berbentuk besar dan berserakan. Tapi belum bisa disimpulkan apakah batu-batu besar itu merupakan pernah menjadi sebuah bangunan.
"Batu-batu tersebut kemungkinan besar merupakan meninggalan purbakala berciri megalitik, mega artinya besar, litik artinya batu," tuturnya.
Di puncak gunung, ada dua batu tegak, masing-masing setinggi 1,6 meter. Jarak di antara kedua batu tersebut 1,5 meter sehingga terlihat seperti pintu gerbang. Dua batu tegak ini berada di utara dan seakan menyambut peziarah yang ingin melangkah masuk ke dalam. Di bagian selatan terdapat batu-batu besar seperti membentuk altar dan di atasnya terdapat gentong dari tanah liat.
"Relief naga terlihat jelas pada batu tegak tersebut," tuntasnya.
 
sumber: (detik)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2013 © S.A.DI.S ( Semua Ada Di Sini )