Rabu, 07 Juli 2010

Aplikasi Komputer


Aplikasi Komputer atau Aplikasi Software merupakan program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user.

Beberapa contoh aplikasi komputer antara lain :

a. Program-program dalam dunia perbankan yang digunakan untuk menyediakan informasi rekening bulanan para nasabah.

b. Program dalam perusahaan penerbangan yang memberikan informasi pemesanan dan jadwal penerbangan.

c. Merupakan salah satu tipe dari software komputer.

Jenis-jenis aplikasi komputer antara lain :

APLIKASI GRAFIK

Aplikasi komputer grafik mulai berkembang pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu.

Ada 2 cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu :

1. Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.

2. Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.

APLIKASI KOMPUTER UNTUK ANIMASI

Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek tersebut, animator harus membangun rangkaian frame/gambar dari sebuah subyek, yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda dari frame sebelumnya.

APLIKASI KOMPUTER UNTUK WEB

Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna diintenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet. Seperti email aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut "The Killer Application" atau "the world is at your fingertip", karena memudahkan ita untuk mendapatkan informasi, tidak hanya berupa teks, bahkan gambar maupun multimedia.

Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan seperti:

  • memesan atau membeli suatu barang secara online
  • mendaftar secara online
  • multimedia, dsb.

APLIKASI KOMPUTER UNTUK PENDIDIKAN

Computer Assisted Instruction (CAI)

Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku. Beberapa aplikasi CAI antara lain Drill and Practice, Tutorial, dan Simulasi

Computer Managed Instruction (CMI)

Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa. Siswa bisa belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan bahkan mengikuti ujian.

Computer Assisted Testing (CAT)

Komputer digunakan sebagai media ujian. Bentuknya bermacam-macam, dari mulai yang sederhana, dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) digunakan sebagai pengganti soal ujian dalam bentuk kertas, hingga bentuk yang lebih maju, dimana kemampuan komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan siswa dengan cara tanya jawab secara aktif.

APLIKASI KOMPUTER UNTUK BISNIS/PERKANTORAN

Setiap bisnis, besar atau kecil, memproses sejumlah data yang besar dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll, faktur customer dan rekening keuangan, inventaris manajemen, dan rekening biaya customer yang semuanya harus dikalkulasi, disimpan, diklasifikasikan, disortir, diretriev, diproses kembali, dilaporkan, dikomunikasi dan disebarkan pada suatu waktu. Pemrosesan data seperti itu dikenal sebagai Business Data Processing atau Data Processing (DP). Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer, hal ini dikenal dengan Electronic Data Processing (EDP).

APLIKASI KOMPUTER UNTUK KELAS TERTENTU

â–ª Air Traffic Control System

â–ª Airline Reservation Systems

Tentang Penulis: AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2013 © S.A.DI.S ( Semua Ada Di Sini )